Pages

Minggu, 15 Juni 2014

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (R P P)







A.           Identitas
1.    Sekolah                    :
2.    Mata Pelajaran         :
3.    Kelas / Semester       :
4.    Alokasi Waktu         : 2 x 40 Menit (80 menit)
B.            Standar Kompetensi   : 1. Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
C.           Kompetensi Dasar      : 1.1     Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
                                                  1.2     Menunjukkan perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.

D.           Indikator                      : 1.1.1  Membuat karya seni rupa dengan teknik membatik sederhana.
1.1.2  Menunjukkan hasil karya seni yang mereka buat di depan kelas.
E.           Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menumbuhkan imajinasinya untuk membuat karya seni.
2.      Dengan mengamati bahan-bahan yang ada di lingkungan sekitar, siswa dapat mengembangkan idenya untuk menyempurnakan hasil karyanya.
F.           Karakter Siswa yang diharapkan berkeembang:
1.    Berani
2.    Tanggung Jawab
3.    Mengeembangkan rasa ingin tahu
4.    Kreatif dan menghargai prestasi orang lain
G.          Materi
Teknik membatik sederhana
                  Seni batik merupakan salah satu kesenian khas Indonesia yang telah sejak berabad-abad lamanya hidup dan berkembang, sehingga merupakan salah satu bukti peninggalan sejarah bangsa Indonesia. Batik merupakan lukisan di atas kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Batik terdiri dari setiap motif dan setiap motif memiliki makna tersendiri. Secara umum membatik merupakan sebuah teknik menahan warna dengan lilin malam secara berulang-ulang di atas kain. Lilin malam digunakan sebagai penahan untuk mencegah agar warna tidak menyerap ke dalam serat kain di bagian-bagian yang dikehendaki. Sedangkan batikan disebut hasil dari membatik. Pembatik adalah orang yang pekerjaannya membatik membuat kain batik. Sedangkan prosesnya disebut sebagai pembatikan. Membatik di atas selembar kertas gambar tidak menggunakan alat seperti membatik diatas selembar kain. Namun membatik di atas selembar kertas gambar hanya membutuhkan beberapa alat yang mudah ditemukan, seperti crayoncat air, kertas gambar, valet, kuas, dan lain-lain. Sebelum membatik, kita harus mengetahui apa yang akan kita gambar.
H.           METODE PEMBELAJARAN
1.     Ceramah
2.     Tanya Jawab
3.     Diskusi
4.     Pemberian Tugas

I.              Kegiatan Belajar
1.    Kegiatan Pendahuluan
a.    Mengucapkan salam
b.    Sembahyang bersama
c.    Absensi
d.   Menyiapkan berbagai media sperti LKS, alat tulis, alat gambar.
e.    Apersepsi Guru memotivasi siswa dengan cara mengingatkan materi pendukung operasi hitung bilangan bulat  dengan brbagai pertanyaan yang relvan teraap kehidupan sehari-hari
f.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang berkaitan  menghitung banyaknya simetri lipat dan simetri putar.
g.    Guru menyampaikan batasan materi dari pembelajaran yang akan dilakukan dan langkah-langkah kegiatan.
h.    Guru menyuruh siswa membentuk kelompok belajar (bila belum ada)
2.    Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
a)   Guru menugaskan siswa membaca dan mengkaji materi (teori) tentang teknik membatik sederhana.
b)   Siswa melakukan pengamatan langsung lingkungan sekitar sebagai sumber inspirasi.

b.   Elaborasi
a)   Siswa mencatat dan membaca kembali beberapa hal yang dianggap penting berkenaan dengan teori yang ada di buku dengan keadaan lingkungan sekitarnya.
b)   Siswa memulai kegiatannya untuk membuat batik sederhana berdasarkan hasil pengamatannya di lingkungan sekitarnya.
c)   Mendiskusikan hasil karyanya tentang membuat batik sederhana untuk memantapkan konsep yang mereka miliki.
d)  Siswa ditugaskan menyusun laporan hasil diskusinya tentang membuat batik sederhana.
e)   Siswa ditugaskan menyajikan hasil karyanya di depan kelas untuk mendapat klarifikas/tanggapan dari teman sekels maupun gurunya.
c.    Konfirmasi
a)   Guru memberikan penguatan sesuai dengan hasil penyjian siswa di depan kelas.
b)   Guru memberikan kesempatan kepada siswa lain untuk menanggapi hasil penyajian kelompok penyaji.
c)   Guru meluruskan/memberi komentar perbaikan sesui dengan hasil diskusi kelas yang terjadi.
d)  Guru memfasilitasi siswa untuk merefleksi dan merevisi hasil diskusi batik sederhana yang masih salah untuk mendapatkan suatu konsep/keterampilan yang benar.
e)   Jika masih diperlukan, guru memandu siswa untuk melakukan eksplorasi lanjut.
3.    Kegiatan penutup
a)   Guru bersama siswa meresume hasil kegiatan belajar yang telah dilakukan
b)   Guru memberikan evaluasi/melakukan refleksi tentang hasil dan proses pembelajaran yang telah terjadi.
c)   Guru memberikan tindak lanjut (berupa tugas rumah yang terkait dengan materi pembelajaran baik berupa pengayaan maupun remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM). Memberikan bimbingan khusu bagi siswa yang dipandang memerlukan.
d)  Guru mengakhiri kegiatan, dengan menyampaikan bahan belajar untuk pertemuan berikutnya.

J.             Sumber belajar dan Media/alat peraga
1.   Sumber belajar:
2.   Media/alat peraga: kertas gambar, crayon, tinta warna, valet, kuas

K.           Penilaian

        1.   Penilaian sikap : cermat, teliti, dan tanggung jawab.
        2.   Penilaian pengetahuan : kuis
        3.   Unjuk kerja : praktek membuat patung sederhana dengan bahan dasar tanah liat.

3 komentar:

  1. boleh dong rpp dan silabus batik ...buat perbandingan di sekolak kami...makasih banyak

    BalasHapus
  2. Terimakasih buuuuanyak telah bersedia berbagi ilmu barokallah Aamiin

    BalasHapus