A. Identitas
1.
Sekolah :
2.
Mata Pelajaran :
3.
Kelas / Semester :
4.
Alokasi Waktu :
2 x 40
Menit (80 menit)
C.
Kompetensi Dasar :
1.1 Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengolah karya seni.
1.2
Menunjukkan
perilaku disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui
berkarya seni.
D.
Indikator :
1.1.1 Membuat
karya seni rupa dengan teknik membatik sederhana.
1.1.2 Menunjukkan hasil karya seni yang mereka buat di depan
kelas.
E.
Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menumbuhkan imajinasinya untuk membuat karya
seni.
2. Dengan mengamati bahan-bahan yang ada di lingkungan
sekitar, siswa dapat mengembangkan idenya untuk menyempurnakan hasil karyanya.
F.
Karakter Siswa yang diharapkan berkeembang:
1. Berani
2. Tanggung Jawab
3. Mengeembangkan rasa ingin tahu
4. Kreatif dan menghargai
prestasi orang lain
G.
Materi
Teknik membatik sederhana
Seni batik merupakan salah satu kesenian khas Indonesia
yang telah sejak berabad-abad lamanya hidup dan berkembang, sehingga merupakan
salah satu bukti peninggalan sejarah bangsa Indonesia. Batik merupakan lukisan
di atas kain yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pakaian. Batik
terdiri dari setiap motif dan setiap motif memiliki makna tersendiri. Secara
umum membatik merupakan sebuah teknik menahan warna dengan lilin malam secara
berulang-ulang di atas kain. Lilin malam digunakan sebagai penahan untuk
mencegah agar warna tidak menyerap ke dalam serat kain di bagian-bagian yang
dikehendaki. Sedangkan batikan disebut hasil dari membatik. Pembatik adalah
orang yang pekerjaannya membatik membuat kain batik. Sedangkan prosesnya
disebut sebagai pembatikan. Membatik di atas selembar kertas gambar tidak
menggunakan alat seperti membatik diatas selembar kain. Namun membatik di atas
selembar kertas gambar hanya membutuhkan beberapa alat yang mudah ditemukan,
seperti crayon, cat air, kertas gambar, valet, kuas, dan lain-lain.
Sebelum membatik, kita harus mengetahui apa yang akan kita gambar.
H.
METODE PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Diskusi
4. Pemberian Tugas
I.
Kegiatan
Belajar
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Mengucapkan salam
b. Sembahyang bersama
c. Absensi
d. Menyiapkan berbagai media sperti
LKS, alat tulis, alat gambar.
e. Apersepsi Guru memotivasi siswa dengan cara mengingatkan materi pendukung operasi hitung bilangan
bulat dengan brbagai pertanyaan yang relvan teraap kehidupan sehari-hari
f. Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang berkaitan menghitung
banyaknya simetri lipat dan simetri putar.
g. Guru menyampaikan batasan
materi dari pembelajaran yang akan dilakukan dan langkah-langkah kegiatan.
h. Guru menyuruh siswa membentuk
kelompok belajar (bila belum ada)
2.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
a)
Guru menugaskan siswa membaca dan
mengkaji materi (teori) tentang teknik membatik sederhana.
b) Siswa melakukan pengamatan langsung lingkungan sekitar sebagai sumber
inspirasi.
b.
Elaborasi
a) Siswa mencatat dan membaca kembali beberapa hal yang
dianggap penting berkenaan dengan teori yang ada di buku dengan keadaan
lingkungan sekitarnya.
b) Siswa memulai kegiatannya untuk membuat batik sederhana
berdasarkan hasil pengamatannya di lingkungan sekitarnya.
c) Mendiskusikan hasil karyanya tentang membuat
batik sederhana untuk
memantapkan konsep yang mereka miliki.
d) Siswa ditugaskan menyusun laporan
hasil diskusinya tentang membuat batik
sederhana.
e) Siswa ditugaskan menyajikan hasil
karyanya di depan kelas untuk mendapat klarifikas/tanggapan dari teman sekels
maupun gurunya.
c.
Konfirmasi
a) Guru memberikan penguatan sesuai
dengan hasil penyjian siswa di depan kelas.
b) Guru memberikan kesempatan kepada
siswa lain untuk menanggapi hasil penyajian kelompok penyaji.
c) Guru meluruskan/memberi komentar
perbaikan sesui dengan hasil diskusi kelas yang terjadi.
d) Guru memfasilitasi siswa untuk
merefleksi dan merevisi hasil diskusi batik
sederhana yang masih salah untuk mendapatkan
suatu konsep/keterampilan yang benar.
e) Jika masih diperlukan, guru
memandu siswa untuk melakukan eksplorasi lanjut.
3.
Kegiatan
penutup
a) Guru bersama siswa meresume hasil
kegiatan belajar yang telah dilakukan
b) Guru memberikan evaluasi/melakukan
refleksi tentang hasil dan proses pembelajaran yang telah terjadi.
c) Guru memberikan tindak lanjut
(berupa tugas rumah yang terkait dengan materi pembelajaran baik berupa
pengayaan maupun remidi bagi siswa yang belum mencapai KKM). Memberikan
bimbingan khusu bagi siswa yang dipandang memerlukan.
d) Guru mengakhiri kegiatan, dengan
menyampaikan bahan belajar untuk pertemuan berikutnya.
J.
Sumber belajar
dan Media/alat peraga
1.
Sumber belajar:
2.
Media/alat peraga:
kertas gambar, crayon, tinta warna, valet, kuas
K.
Penilaian
1. Penilaian sikap : cermat, teliti, dan tanggung
jawab.
2. Penilaian pengetahuan : kuis
3. Unjuk kerja : praktek membuat patung
sederhana dengan bahan dasar tanah liat.
boleh dong rpp dan silabus batik ...buat perbandingan di sekolak kami...makasih banyak
BalasHapusTerimakasih buuuuanyak telah bersedia berbagi ilmu barokallah Aamiin
BalasHapusmakasih referensinya
BalasHapus